Monday, November 6, 2023

Kemenkes Prediksi Warga RI Pengidap Diabetes di 2045 mencapai 28,6 Juta

(photo by Halodoc) - 


JAKARTA, halokabar.com - Kementerian Kesehatan RI melaporkan bahwa Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah pengidap diabetes terbanyak ke-5 di dunia pada 2021 dengan total sebanyak 19,5 juta kasus. International Diabetes Federation (IDF) memprediksi, tahun 2045 angka pasien diabetes di Indonesia bisa naik hingga 28,6 juta orang. Hal itu dikatakan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan, Eva Susanti.

"Dari awalnya 10,7 menjadi 19,5 juta (orang terjangkit diabetes. Indonesia peringkat 5 diabetes sedunia dengan prevalensi angka diabetes kurang lebih 537 juta orang di tahun 2021," kata Eva dalam Media Briefing yang dilakukan secara daring, Senin (6/11/2023). 

Eva mengimbau kepada masyarakat untuk rajin melakukan aktivitas fisik melalui gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Selain itu berolahraga dan menjaga pola makan yang bergizi dan seimbang. 

Tahun ini, pihaknya menargetkan remaja yang berusia 15 tahun ke atas untuk ikut berpartisipasi melakukan skrining diabetes. Namun, program ini tak sesuai harapan, pasalnya kata Eva masih banyak remaja yang belum ikut berpartisipasi. 


Share:

Archive

Support